Cara Mudah Membuat Scroll Archive Blog Dengan CSS

Cara Mudah Membuat scroll pada archive blog sangatlah penting agar blog kita terlihat lebih rapi dan ramping,  Fungsi scroll ini yaitu agar archive blog kita tidak tampil semua di sidebar kita jadi tidak memakan tempat hanya untuk blog archive saja. Mungkin anda yang belum tau bagaimana cara Membuat Scroll Archive di blog  disini saya akan memberikan triknya dengan menggunakan CSS yang lenih mudah.

Kegunaan widget blog archives/arsip blog adalah untuk memperlihatkan daftar artikel yang telah dipublikasikan berdaraskan tanggal update posting. Blog arsip sama dengan arsip semua artikel yang ada di blog Anda untuk di perlihatkan kepada pengunjung blog Anda sehingga akan memudahkan mereka dalam mencari konten yang mereka sukai, dengan menyeleksi melalui blog arsip ini.

Sebenernya trik membuat scroll di blog itu sama saja dengan memasang widget lainnya hanya saja kita perlu menerapkan di bagian tertentu dengan cara agar blog tampil menarik dan tidak mengganggu pengunjung dalam mencari informasi lain di blog kita.

Tentunya sobat sendiri sudah tau apa itu kegunaan dari scroll pada bagian arsip blog, nah bagi sobat yang belum bisa memasangnya disini saya akan berbagi tips memasangnya hanya dengan sedikit menambahkan kode css dan otomatis akan langsung jadi di blog anda.

Silahkan sobat ikuti tutorial cara pemasangannya seperti dibawah ini, ingat! sesuaikan denga keperluan anda seberapa penting scroll untuk blog tampilan anda agar menarik dan lebih simpel.

Tutorial Membuat Scroll Archive Blog Dengan CSS secara gampang :


scroll blog archive

Pertama yang harus Anda lakukan adalah memasang widget blog archives terlebih dahulu.

1. Masuk ke Blogger Dasboard.
2. Pilih menu dropdown -> layout.
3. klik Add a Gadget -> pilih Blog Archives/Arsip Blog.
4. Save.

Jika sudah memiliki blog archives, maka lewati saja langkah diatas. kemudian langkah berikutnya adalah memberi scroll blog arsip melalui Edit HTML dan memberikan sedikit pemanis dengan CSS.

1. Menuju ke Template -> Edit HTML
2. Kemudia buka kode CSS dengan klik <b:skin>...</b:skin>

cara terbaru membuat scroll pada archive blog

3. Lalu paste kode berikut di atas kode ]]></b:skin>
#BlogArchive1 .widget-content{height:300px;width:auto;overflow:auto;}
4. Warna hijau bisa sobat ganti dengan kesesuaian template blog sobat agar terlihat rapi dan fleksible.
5. Save template untuk menyimpan Anda.

Itulah sedikitnya cara simpel Membuat Scroll Archive Blog Dengan CSS semoga dapat bermanfaat dan membantu kalian semua :D

3 Responses to "Cara Mudah Membuat Scroll Archive Blog Dengan CSS"

  1. jadi lebih ringkas ya mas kalau widget arsip di kasih scroll :)

    BalasHapus
  2. Iya mba eka jika digunakan dengan scroll terlihat lebih simpel blog kita :D

    BalasHapus
  3. terima kas mas, coba terapkan biar terlihat rapih

    BalasHapus

Jangan cuma dibaca aja, tinggalin komentar juga ya...